Jumat, Januari 24, 2020

Cara Mengurus Surat Pindah Sekolah Antar Provinsi

Contoh Surat Keterangan Pindah dari Sekolah Asal yang divalidasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat || srijembarrahayu


Bagi keluarga-keluarga yang sering pindah tugas antar kota antar provinsi, kata “mutasi” seolah teman akrab yang tiba-tiba datang tanpa diundang. Pada gilirannya, urusan permutasian bukan cuma perkara Bapak atau Ibu yang kerja saja, anak juga. Selesai Bapak atau Ibunya terima mandat, giliran anak riweuh cari sekolahan baru. Apalagi kalau pindah sekolah beda provinsi.

Ada baiknya Orang Tua/Wali mengetahui prosedur mengurus mutasi sekolah anak, walaupun pada prakteknya nanti, mungkin bisa minta bantuan pihak sekolah atau yang lain. Harus diperhatikan setelah mendapat kepastian anak diterima di sekolah tujuan, tanyakan kelengkapan apa saja yang diperlukan untuk siswa mutasi. Mana tahu beda sekolah beda persyaratan.

Catatan di bawah ini saya buat sebagai sharing pengalaman dalam mengurus mutasi sekolah antar provinsi, dari Sulawesi Utara ke DKI Jakarta. Ini adalah berkas-berkas kelengkapan siswa mutasi yang diminta oleh sekolah tujuan:
  1. Surat permohonan memasukkan anak menjadi peserta didik dari Orang Tua/Wali dengan menyebutkan alasannya yang ditandatangani di atas meterai Rp6000,-  (Contoh format terlampir)
  2. Fotocopy Akte kelahiran anak
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy KTP Orang Tua/Wali
  5. Rapor asli lengkap
  6. Kartu NISN
  7. Surat Keterangan Pindah dari Sekolah Asal yang divalidasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat
  8. Fotocopy Piagam Akreditasi Sekolah Asal
  9. Fotocopy Ijin Operasional Sekolah (Jika Swasta)
  10. Daftar 8355 dari Sekolah Asal

Berkas 1-6, Orang Tua/Wali tentu dapat menyiapkannya secara mandiri. Sementara itu untuk berkas nomor 7-10 membutuhkan bantuan dari sekolah asal.

Untuk mendapatkan berkas nomor 7, Surat Keterangan Pindah dari Sekolah Asal yang divalidasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, berikut step by step-nya:
  • Pertama, Orang Tua/Wali perlu menyiapkan Surat Permohonan yang ditandatangani di atas meterai Rp6000,- kepada SEKOLAH ASAL (Contoh terlampir) dengan memberikan ALASAN mengapa siswa mutasi keluar dan menyebutkan sekolah tujuan berikutnya.
  • Berdasarkan surat permohonan dari orang tua/wali di atas, SEKOLAH ASAL membuat Surat Permohonan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat agar mengeluarkan peserta didik dari Format 8355.

Ada beberapa sekolah yang memiliki kebijakan tidak bersedia menguruskan mutasi hingga ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Jika demikian Orang Tua/Wali datang sendiri ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan membawa kelengkapan, sebagai berikut:
1. Surat Permohonan dari Sekolah Asal kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
2. Surat permohonan orang tua/wali kepada sekolah asal disebut di atas
3. Kartu NISN siswa
4. Rapot asli lengkap
5. Surat diterima di sekolah tujuan

Surat Permohonan dari Sekolah Asal tersebut kemudiaan akan divalidasi dengan mendapat tanda tangan dan cap dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Berkas mutasi siswa keluar selesai hingga tahap ini.

Selanjutnya, semua berkas kelengkapan untuk siswa mutasi diserahkan kepada sekolah tujuan. Beruntung bagi kami, untuk mengurus mutasi masuk, pihak sekolah tujuan yang menyelesaikannya. Namun, seperti disampaikan di atas, ada beberapa sekolah tujuan yang juga terima beres masalah mutasi ini. Jika begitu, sekali lagi orang tua/wali harus datang sendiri ke kantor dinas pendidikan terkait.

Berkas yang dibawa untuk mutasi masuk adalah Surat Permohonan dari Sekolah Tujuan Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Tujuan disertai format 8355 yang menyatakan masih tersedia bangku kosong dari kuota yang telah ditetapkan sebelumnya. Surat permohonan tersebut dilengkapi dengan berkas nomor 1-10 tersebut di atas. Sebaiknya semua berkas dibawa dalam map dan tidak dilipat-lipat.

Demikian kira-kira panduan mengurus mutasi siswa masuk dan keluar sekolah antar provinsi. Semoga dapat bermanfaat.


27 komentar:

  1. Bermanfaat sekalivMbak Sri infonya. Memang ya, harus siap-siap wara-wiri untuk mengurus surat mutasi pindah sekolah. Makanya, kadang ada yang memilih LDM karena alasan gak mau ribet ngurus surat-surat. Tapi kembali ke kitanya ya. Kalau semua dijalani dengan happy, pasti akan mudah jalannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali Mbak Ulfah. Harus selalu siap wara-wiri. Pasti, selalu happy dan bersyukur biar mudah jalaninya.

      Hapus
  2. Wah, banyak juga yang harus diurus ya pindah antar provinsi. Kalau di tempat saya pindahan juga bayar mbak, istilahnya dimintai sumbangan. Gimana yang antar provinsi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak juga. Gak ada biayanya sih, mungkin karena urus sendiri.

      Hapus
  3. Whaa informatif sekali. Insya Allah bermanfaat nih apalagi buat yang sering pindah-pindah ya, entah karena tugas, dan lainnya. Btw, kalau ini hanya untuk sekolah negeri atau swasta juga berlaku?

    BalasHapus
  4. Dan saya sudah mengalaminya 4 kali mengurus surat pindah ini. Terakhir masuk di sekolah yang di Jogja yang agak ketat. Ada format yang menurut pihak sekolah di sini berbeda dengan format yang saya dapatkan dari Makassar. Thanks info dan sharingnya ya bun

    BalasHapus
  5. Waktu anak saya belom sekolah suami sempat pindah antar provinsi, terus pas mereka sekolah Bapaknya pernah mutasi sendiri, kami enggak bisa ikut. Berikutnya 3 kali pindah, cuma lokasi kantor yang berbeda , tapi tetap di Jakarta:)
    Info ini bermanfaat jika memang dipindah antar provinsi nanti. Kelihatannya ribet sih tapi memang sekarang otonomi daerah jadi data ya mesti dipindah.

    Makasih infonya Mbak Sri...

    BalasHapus
  6. bermanfaat banget ni mba infonya. Kadang pas lagi pindahan rumah gitu suka ga kepikiran ya soal urusan yang lain-lain termasuk pindah data kayak gini. makasih ya mba teteh yang cantik 😊

    BalasHapus
  7. Ini nih yang dibutuhkan para orang tua yang ingin mengurus surat pindah sekolah anaknya, sering banget di sekolah itu terkendala dari ketidak tahuan orang tua, dikiranya pihak sekolah yang mempersulit, padahal memang ada aturannya.

    BalasHapus
  8. Nah ini info penting banget buat ortu yang sering pindah tugas. Ternyata gak ribet ya mba prosesnya, asal sesuai dengan persyaratan jadi mudah ::)

    BalasHapus
  9. halo mbak sri..trimakasih sharingnya ya. Saya sedang mengurus kepindahan skolah anak saya dr medan ke makasar seiring dg mutasi si ayah. Usefull banget info-nya. Meski sekolah asal bilang mau menguruskan (tentunya dg biaya), tapi setidaknya nggak blank banget ttg prosesnya. Apalagi masih masa pandemi spt ini, akan terbantu sekali jika sekolah mau menguruskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Lisdha, maafkan baru menyapa.

      Sukses untuk kepindahannya ya. Semoga dapat sekolah yang terbaik. Saya pernah stay di Makassar juga, kulinernya mantap loh :)

      Waktu mengurus ini itu untuk keperluan sekolah, saya bebas biaya baik dari dinas maupun sekolah, kecuali biaya materai ding.

      Hapus
  10. Bermanfaat banget kak,
    Bagaimana jk mau masuk SMA tapi SMA yg dituju beda Propinsi, apa persyaratannya sama seperti yang diatas kak. Dan anak saya lulusan SMP di pesantren, mohon penjelasannya kak...
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak Andin.
      Maaf saya kurang tahu tepatnya kalau dari SMP Pesantren, mungkin lebih baik kontak SMA tujuan dulu dan minta persyaratannya.
      Lalu koordinasi dengan SMP Asal persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

      Terima kasih.

      Hapus
  11. Apakah bisa selesai dalam 1 hari pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman kami waktu mengurus ke dinasnya asal petugas yang berwenang untuk tanda tangan standby di tempat, langsung jadi ko.

      Hapus
  12. Mba mohon info.. Adik saya nih mau pindah dari SMA daerah bengkulu mau pindah ke bandung dan di tmpat SMA yg di bdg diminta uang gede bgt nah itu apakah seperti itu atau gimna iya mba mohon arahannya

    BalasHapus
  13. Saya berencana memindahkan sekolah dari Dumai-RIAU ke Jakarta...saat ini anak saya kelas X SMAN 1 Dumai dan rencana kepindahan pas kenaikan kelas ke XI...apakah mungkin memindahkan sekolah pada saat pandemi Covid saat ini? Monhon info serta sarannya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru membalas Pak Genki.

      Dari pengalaman saya untuk memindahkan anak, pertama kali mencari sekolah tujuan dulu di Jakarta. Bisa browsing dulu sekolah yang diinginkan lalu menelepon langsung sekolahnya tanyakan apakah dapat menerima siswa pindahan untuk tahun ajaran mendatang.
      Dulu anak saya hampir tidak bisa masuk sekolah yang diinginkan karena ternyata sekolah tersebut memiliki kuota maksimal jumlah peserta didik per kelas.

      Selanjutnya juga perlu ditanyakan persyaratan apa saja yang sekolah tujuan butuhkan untuk menerima siswa pindahan.

      Bila sekolah yang akan dituju sudah pasti segera mengkomunikasikan dengan pihak sekolah di Dumai. Semestinya pihak sekolah asal dapat memberitahukan alur cara mengurus kepindahan, syukur-syukur dapat membantu hingga selesai.

      Semoga dimudahkan ya Pak Genki.

      Hapus
  14. Bak ini saya mau mindahin anak saya sekolah anak saya.sekarang anak saya kls 5 SD.sekolahnya sekarang d Bandung mau pinda k Palembang.tp sekolah d Bandung suasta mau pinda k SD negri d Palembang.yg saya mau tanya pakai uang ga ya bikin surat pinda nya terimakasih

    BalasHapus
  15. Bak saya mau mindahin anak saya sekolah,sekarang anak saya kls 5 mau.k kls 6. Trs mau pinda k Palembang ,sekarang saya d Bandung.sekolah yg sekarang suasta muau pinda k SD negri d Palembang saya mau tanya bak apakah bisa bak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Kak, Maaf baru membalas.
      Mudah-mudahan sudah mendapat sekolah yang diinginkan ya. Pengalaman teman yang pindah ke sekolah negeri tergantung dari ketersediaan kursi, sepertinya per sekolah ada quotanya. Lebih baik langsung menghubungi sekolahnya dan ditanyakan persyaratannya. Pengalaman kami waktu bikin surat pindah tidak pakai biaya. Terima kasih.

      Hapus
  16. Maaf pak,,saya sekarang smk kelas 10 swasta,,,nanti saya mau pindah ke negeri,,tapi pindah antar provinsi,,,saya sih mau pindah dari provinsi jawa ke provinsi riau,,,apakah bisa pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru buka blog lagi. Kalau pengalaman saya dulu, pertama cari informasi langsung dari sekolah yang akan dituju. Baru setelah mendapat kepastian dari sekolah yang tuju mengurus syarat-syarat yang diminta sekolah tersebut.

      Hapus
  17. Saya mau tanya mba ponakan saya saat kls 8 semester 2 dia pindah dari sekolah negeri SBY ke SMP swasta di Jakarta karena dia ada PIP maka harus pindah KK jd masuk KK kami yg JKT sekarang ponakan kls 9 rencana SMU dia mau balik lagi ke SBY itu prosesnya bagaimana ya apakah nantinya saya harus cabut KK jkt untuk balik LG masuk ke ortunya?tolong infonya ya mba🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang, terima kasih telah meninggalkan komentar. Mohon maaf untuk masalah KK saya kurang tahu, mungkin bisa ditanyakan langsung pada dinas kependudukan terkait.

      Hapus