Sabtu, Februari 01, 2020

Bila Kau Memiliki Sahabat Wanita, Betapa Beruntungnya Dirimu!

Bila Kau Memiliki Sahabat Wanita, Betapa Beruntungnya Dirimu! || srijembarrahayu

Kita tak pernah tahu petualangan apa yang menanti setelah menjadi wanita dewasa. Senantiasa kita mengharap bahagia, tapi lara bisa datang suka-suka. Dalam silih gantinya warna hidup, ingatlah ada seorang yang penting bagimu. Ia adalah sahabat wanita!

Tak peduli seberapa besar aku mengasihi putra-putraku, seberapa besar cintaku pada suami. Satu hal yang kutahu, hingga hari ini aku tetap membutuhkan sahabat wanita. Percayalah, wanita selalu membutuhkan wanita lainnya. Dan wanita selalu begitu, akan tetap begitu.

Kurangkum 8 hal ini yang membuat hidupku sempurna karena memiliki sahabat wanita:

1. Sahabat Wanita Tahan Mendengarkan Ribuan Kata dari Mulutmu
Tak ada yang lebih mengerti dari seorang wanita. Ia menyediakan tak hanya kuping tapi juga hatinya untuk menampung semua unek-unek yang harus kau keluarkan itu. Ocehanmu, marahmu, cerewetmu, keluh kesahmu, dan lain-lainnya. Sahabat wanita sabar dan memberimu ruang untuk bermonolog, sampai kau lega dan terpuaskan. 

2. Sahabat Wanita akan Menangis Bersamamu  
Ketika Engkau Menangis Selain dinding kamar atau bantal guling, sahabat wanita adalah tempat yang paling aman tatkala luapan air mata tak sanggup lagi kau bendung. Bila tembok, bantal, dan guling hanya membisu, sahabat wanita malah menemanimu menangis. Kau tak sendirian menanggung derita. Lagipula, sahabat wanita akan menjaga rahasia-rahasiamu, termasuk saat kau begitu jelek sehabis menangis.

3. Sahabat Wanita Tak Perlu Alasan untuk Tertawa Bersamamu 
Ingatkah, remeh temeh apa yang membuat kalian bisa tergelak-gelak? Meski leluconmu paling aneh di muka bumi, bersama sahabat wanita rasanya tertawa gampang saja. Bebas lepas tanpa alasan, biarpun hanya hal sepele dan konyol, atau bahkan menertawakan kebodohan sendiri. Sahabat wanita membuat hidup menjadi ceria dengan tawa.

4. Sahabat Wanita Suka 
Berbagi Ia membawakanmu keripik, pepes tahu, bakwan jagung, brudel tape, kue lapis, hasil panen kebunnya, oleh-oleh, lingerie, kalung, lipstik, daaaan masih banyak lagi. Apa saja yang bisa ia buat dan miliki, sahabat wanita tak segan memberi. Jangan pedulikan rasa dan bentuk, perhatiannya untukmu adalah yang terbaik.

Bila Kau Memiliki Sahabat Wanita, Betapa Beruntungnya Dirimu! || srijembarrahayu

5. Sahabat Wanita Selalu Siap Sedia 
Sewaktu Kau Memerlukan Pertolongan Ia akan mengerok punggungmu ketika engkau mengeluh masuk angin, tetap tabah walau berurusan dengan daki karena yang dikerok belum mandi. Sahabat wanita membantu mengepak barangmu sementara kau akan pindah. Ia akan menengok dan menyemangatimu ketika putra-putri, suami, kau atau keluargamu sakit. Sahabat wanita akan mengingat juga anak-anakmu, menyediakan waktu dan tenaga sejauh diperlukan.

6. Sahabat Wanita Biasanya Bersikap Jujur  
Sahabat wanita tidak selalu mengatakan iya, tak juga selalu mengatakan apa yang kau lakukan itu benar. Ia biasanya bersikap jujur. Sahabat wanita memberi nasihat untuk situasimu. Kadang-kadang nasihatnya bisa kau terima dan ikuti, kadang-kadang tidak. Ia hanya mencoba memberimu pandangan dari perspektifnya, tetap kau sendiri yang harus putuskan mana yang terbaik untuk hidupmu.

7. Sahabat Wanita akan Menolongmu dari Kesulitan 
Sahabat wanita tak segan menarikmu keluar dari hubungan-hubungan yang buruk. Ia bersedia mencari dan melemparkan sumber kesedihan yang membelitmu. Ia berusaha membantumu bangkit kembali ketika kau dirundung masalah.

8. Sahabat Wanita akan Memelukmu Selagi Kau Bahagia ataupun Pilu 
Sahabat wanita selalu senang melihat sahabatnya bahagia, dan ikut terluka ketika duka menimpa. Untuk kedua situasi ini, seringkali ia mengekspresikannya dengan dua cara yang sama, memelukmu. Sebuah pelukan atau tepukan ringan dari seorang sahabat, lebih dari cukup untuk menguatkanmu, bukan?

Bila Kau Memiliki Sahabat Wanita, Betapa Beruntungnya Dirimu! || srijembarrahayu

Sementara kehidupan terus berlanjut, kecewa gembira datang dan pergi. Anak-anak terus bertumbuh, orang tua mendahului kita, pekerjaan berganti, jarak mungkin memisahkan, tapi sahabat wanita akan terus mengingatmu. Perjalanan hidupmu juga menjadi bagian hidup mereka. Sahabat wanita tetap mengasihimu, walau ada banyak perbedaan diantara kalian. Ia tidak pernah bisa jauh ketika kau membutuhkan biarpun jarak dan waktu terbentang.

Mungkin saja, sahabat wanitamu adalah teman sekolah dulu, teman seperantauan, gurunya anak, mamanya teman anak, dan lain-lain. Namun juga sahabat wanita tak harus selalu berbeda darah, bisa jadi ia adalah ibu kita, ibu mertua, anak, adik, kakak, atau saudara ipar. Yang jelas, sahabat wanita adalah mereka yang dipertemukan dalam perjalanan hidup setiap kita.

Ingatlah untuk saling menyapa, tersenyum, tertawa dan melakukan hal bersama jika kalian masih tinggal sekota. Atau bila kalian kini terpisahkan jarak, sebagaimana sahabat wanita melakukannya untukmu, peluklah mereka dalam doamu.

Bila kau memiliki kesempatan mendapatkan sahabat wanita, betapa beruntungnya dirimu! Karena dunia tak akan sama tanpa kehadiran mereka.


||Srijembarrahayu, Februari 2020
Catatan random untuk para sahabat wanita dimanapun kalian berada.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar